Monday, 10 January 2022

Project openGL interior rumah (home) dengan C++ CodeBlock Full Sourcode

 

project opengl full sourcode

PENGUMUMAN

  " Projek ini Dibuat dengan Benar sudah berjalan secara semestinya. apabila ada ERROR di code silahkan pelajari dimana letak errornya. jangan hanya mau disuapi saja. mengcopi ini = harus mempelajari  sourcodenaya sendiri. 

Jangan Lupa Ucapkan Terimakasih di kolom komentar Jika Projeknya berhasil Dijalankan. 

dan untuk Glut download sementara saya tutup, jika ingin mendownload silahkan komentar dibawah tujuan kalian belajar OPENGL beserta email kalian. nanti saya bagikan lewat email kalian yang ada dikolom komentar. (komentar tidak akan muncul jika belum disetujui dan belum dikirim openGLnya ke email kalian)"

Pada projek openGl kali ini kita akan membuat sebuah ruangan kamar sendiri. projek ini disekenariokan membuat sebuah kamar lengkap dengan ranjang, kasur dan bantal serta lemari pakaian. selain itu dibuatkan pula pintu yang nantinya bisa dibuka dan di tutup, meja belajar dengan laptop yang bisa dibuka dan ditutup.

Kemudian pada projek ini kita akan membuat beberapa fungsi yang akan kita jalankan seperti membuka dan menutup pintu, membuka dan menutup pintu kamar membuka dan menutup laptop dimeja dengan menggunakan keyboard pada komputer anda. 

adapun beberapa fungsi yang akan tersedia pada projek kali ini adalah

  1. tombol keyboard  q = memutar searah jarum jam.
  2. tombol keyboard  e = memutar berlawanan arah jarum jam.
  3. tombol keyboard f = geser arah kebawah.
  4. tombol keyboard r = geser arah atas.
  5. tombol keyboard a = geser horizontal kiri.
  6. tombol keyboard d = geser horizontal kanan.
  7. tombol keyboard w = memperbesar gambar objek.
  8. tombol keyboard s = memperkecil gambar obejek.
  9. tombol keyboad p = membuka pintu (syarat geser dulu gambar objek ke depan).
  10. tombol keyboard o = menutup pintu (syarat geser dulu gambar ke objek depan).
  11. tombol keyboard l = menutup laptop.
  12. tombol keyboard k = membuka laptop.
  13. tombol keyboard . = membuka lemari.
  14. tombol keybard , = menutup lemari.
  15. tombol keyboard m = buka kursi.
  16. tombol keyboard n = menutup kursi.
Jika anda penasaran dengan cara membuatnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Persiapan membuat projek OpenGL dengan CodeBlock

Untuk memulai membuat projek open GL ini anda harus menseting beberapa komponen kedalam codeblock dan ketika sudah selesai menseting semuanya saatnya membuat projeknya. untul langkah-langkah persiapannya dapat melakukan beberapa langkah-langkah dibawah ini.

  1. Open GL download disini :View openGL
  2. CodeBlock setting dengan openGL caranya lihat disini: view
  3. buka codeblock dan buat projek baru caranya dapat dilihat disini : view
  4. copy semua sourcode yang tersedia di blog ini.
silahkan copy contoh program dibawah ini ke projek yang anda buat. adapun sourcode yang akan anda coba adalah sebagai berikut.

  
    #include <cstdlib>
    #include <iostream>     #include <windows.h>     #include <stdio.h>     #include <GL/gl.h>     #include <GL/glu.h>     #include <GL/glut.h>     #include <math.h>     //memberikan fileheader yang dibutuhkan     GLuint texture[35];     GLint slices = 35;     GLint stacks = 35;     using namespace std;     static float ypos = 0, zpos = 0, xpos = 0,a = -9, b = -5,c =-30, laptop=0, laci=0, kursi=0, pintu=0;     int z=0;     struct Image {     unsigned long sizeX;     unsigned long sizeY;     char *data;     };     typedef struct Image Image; //struktur data untuk     //ukuran image #bisa di set sesuai kebutuhan     #define checkImageWidth 164     #define checkImageHeight 164     GLubyte checkImage[checkImageWidth][checkImageHeight][3];     //mengambil tekstur void init(void) { glClearColor(0.5, 0.5, 0.5, 0.0); glEnable(GL_DEPTH_TEST); glDepthFunc(GL_LESS); // Generate texture/ membuat texture background } //fungsi kotak kosong, belum diisi koordinat. diisi di display() void kotak(float x1,float y1,float z1,float x2,float y2,float z2) { //depan glTexCoord2f(0.0, 0.0); glVertex3f(x1,y1,z1); glTexCoord2f(0.0, 1.0); glVertex3f(x2,y1,z1); glTexCoord2f(1.0, 1.0); glVertex3f(x2,y2,z1); glTexCoord2f(1.0, 0.0); glVertex3f(x1,y2,z1); //atas glTexCoord2f(0.0, 0.0); glVertex3f(x1,y2,z1); glTexCoord2f(0.0, 1.0); glVertex3f(x2,y2,z1); glTexCoord2f(1.0, 1.0); glVertex3f(x2,y2,z2); glTexCoord2f(1.0, 0.0); glVertex3f(x1,y2,z2); //belakang glTexCoord2f(0.0, 0.0); glVertex3f(x1,y2,z2); glTexCoord2f(0.0, 1.0); glVertex3f(x2,y2,z2); glTexCoord2f(1.0, 1.0); glVertex3f(x2,y1,z2); glTexCoord2f(1.0, 0.0); glVertex3f(x1,y1,z2); //bawah glTexCoord2f(0.0, 0.0); glVertex3f(x1,y1,z2); glTexCoord2f(1.0, 0.0); glVertex3f(x2,y1,z2); glTexCoord2f(1.0, 1.0); glVertex3f(x2,y1,z1); glTexCoord2f(0.0, 1.0); glVertex3f(x1,y1,z1); //samping kiri glTexCoord2f(0.0, 0.0); glVertex3f(x1,y1,z1); glTexCoord2f(1.0, 0.0); glVertex3f(x1,y2,z1); glTexCoord2f(1.0, 1.0); glVertex3f(x1,y2,z2); glTexCoord2f(0.0, 1.0); glVertex3f(x1,y1,z2); //samping kanan glTexCoord2f(0.0, 0.0); glVertex3f(x2,y1,z1); glTexCoord2f(1.0, 0.0); glVertex3f(x2,y2,z1); glTexCoord2f(1.0, 1.0); glVertex3f(x2,y2,z2); glTexCoord2f(0.0, 1.0); glVertex3f(x2,y1,z2); } //Controler void keyboard(unsigned char key, int x, int y) { switch (key) { //putar arah jarum jam (menambah derajat putaran) case 'q': ypos=ypos+5; if (ypos>360) ypos=0; glutPostRedisplay(); break; //putar berlawanan arah jarum jam (mengurangi derajat putaran) case 'e': ypos=ypos-5; if (ypos>360) ypos=0; glutPostRedisplay(); break; //vertikal bawah (menambah koordinat y) case 'f': b = b + 1; glutPostRedisplay(); break; //vertikal atas (mengurangi koordinat y) case 'r': b = b - 1; glutPostRedisplay(); break; //horisontal kiri (mengurangi koordinat x) case 'a': a = a + 1; glutPostRedisplay(); break; //horisontal kanan (menambah koordinat x) case 'd': a = a - 1; glutPostRedisplay(); break; //memperbesar objek (menambah koordinat z) case 'w': c = c + 1; glutPostRedisplay(); break; //memperkecil abjek(mengurangi koordinat z) case 's': c = c - 1; glutPostRedisplay(); break; //buka pintu case 'p': pintu=pintu-5; if (pintu<-45) pintu=-45; glutPostRedisplay(); break; //tutup pintu case 'o': pintu=pintu+5; if (pintu>0) pintu=0; glutPostRedisplay(); break; //buka laptop case 'l': laptop=laptop-5; if (laptop<-60) laptop=-60; glutPostRedisplay(); break; //tutup laptop case 'k': laptop=laptop+5; if (laptop>90) laptop=90; glutPostRedisplay(); break; //buka laci case '.': laci=laci+0.1; if (laci>2) laci=2; glutPostRedisplay(); break; //tutup laci case ',': laci=laci-0.1; if (laci<0) laci=0; glutPostRedisplay(); break; //buka kursi case 'm': kursi=kursi+0.1; if (kursi>2.5) kursi=2.5; glutPostRedisplay(); break; //tutup kursi case 'n': kursi=kursi-0.1; if (kursi<-4) kursi=-4; glutPostRedisplay(); break; //putar arah jarum jam (menambah derajat putaran) case 'z': xpos=xpos+5; if (xpos>360) xpos=0; glutPostRedisplay(); break; //putar berlawanan arah jarum jam (mengurangi derajat putaran) case 'c': xpos=xpos-5; if (xpos>360) xpos=0; glutPostRedisplay(); } } void display() { glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT); glLoadIdentity (); glEnable(GL_DEPTH_TEST); //perpindahan glTranslatef(a,b,c); //putaran glRotatef(xpos,1,0,0); glRotatef(ypos,0,1,0); glRotatef(zpos,0,0,1); //lantai glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(0.3f,0.3f,0.3f); kotak(0,0,18,25,0.5,0); glEnd(); glPopMatrix(); //dinding kiri glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3ub(255, 125, 185); kotak(0,0.5,18,0.5,10,0); glEnd(); glPopMatrix(); //dinding belakang glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3ub(5, 140, 250); kotak(6,0.5,0.5,25,10,0.0); glEnd(); glPopMatrix(); //meja //atas glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3ub(255, 234, 166); kotak(21,3.5,16,24.8,3.8,9.5); //kaki kanan belakang kotak(24.3,0.5,15.9,24.6,3.6,15.6); //kaki kiri belakang kotak(24.3,0.5,9.9,24.6,3.6,9.6); //kaki kiri depan kotak(21.1,0.5,9.9,21.4,3.6,9.6); //kaki kanan depan kotak(21.1,0.5,15.9,21.4,3.6,15.6); glEnd(); glPopMatrix(); //pc glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f); //keyboard kotak(23.3,3.8,15.0,22,4,13.0); glEnd(); glPopMatrix(); //Monitor lcd glPushMatrix(); glTranslatef(23.3,3.8,13.0); glRotatef(laptop, 0.0, 0.0, 0.1); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f); //Monitor lcd kotak(0,0,0,0.1,1.5,2.0); glEnd(); glPopMatrix(); //layar lcd glPushMatrix(); glTranslatef(23.29,3.8,13.0); glRotatef(laptop, 0.0, 0.0, 0.1); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(1.1f,1.0f,1.0f); kotak(0,0.1,0.1,0.01,1.4,1.9); glEnd(); glPopMatrix(); //kursi //alas glPushMatrix(); glTranslatef(kursi,0,0); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(0.2f,0.1f,0.1f); kotak(18,2.2,15.5,20.8,2.5,12.8); //kiri depan kotak(20.5,0.5,15.5,20.8,2.5,15.2); //kanan depan kotak(20.5,0.5,13.1,20.8,2.5,12.8); //kanan belakang kotak(18,0.5,13.1,18.3,5.2,12.8); //kiri belakang kotak(18,0.5,15.5,18.3,5.2,15.2); //senderan kotak(18,3.8,15.5,18.2,4.9,12.8); glEnd(); glPopMatrix(); //kasur //rangka alas glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(0.6f,0.1f,0.1f); kotak(1.1,1.4,15.5,13.4,3,8.7); //kaki 1 kotak(0.5,0.5,15.6,1.2,6,14.9); //kaki 2 kotak(0.5,0.5,9.4,1.1,6,8.7); //kaki 3 kotak(12.9,0.5,9.4,13.6,5,8.7); //kaki 4 kotak(12.9,0.5,15.6,13.6,5,14.9); //penyangga depan kotak(0.6,3,15.4,1,5.1,8.9); //penyangga belakang kotak(12.9,1.4,15.4,13.6,4.5,8.9); glEnd(); glPopMatrix(); //kasurnya glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(1.1f,1.1f,1.1f); kotak(1.1,2.5,15.4,13.4,3.5,9); //bantal glColor3f(0.6f,0.6f,0.6f); kotak(1.3,3.5,14.4,4,4,10); //selimut glColor3f(0.1f,1.1f,0.1f); kotak(5,3.5,15.4,13.4,3.7,9); //kanan kotak(5,3,9,13.4,3.6,8.9); //kiri kotak(5,3,15.5,13.4,3.6,15.4); glEnd(); glPopMatrix(); //Pintu glPushMatrix(); glRotatef(pintu, 0.0, 1.0, 0.0); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(0.1f,0.0f,0.0f); kotak(0.5,0.5,0.5,6,10,0); glEnd(); glPopMatrix(); //gagang pintu glPushMatrix(); glRotatef(pintu, 0.0, 1.0, 0.0); glBegin(GL_QUADS); //gagang pintu glColor3f(1.0f,1.0f,1.0f); kotak(5.2,5.8,0.7,5.5,6,0.5); kotak(4.5,5.8,0.9,5.6,6,0.7); //alas gagang kotak(5.1,6.5,0.55,5.7,5,0.5); glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f); kotak(5.35,5.2,0.56,5.45,5.5,0.55); glEnd(); glPopMatrix(); //gagang pintu belakang glPushMatrix(); glRotatef(pintu, 0.0, 1.0, 0.0); glBegin(GL_QUADS); //gagang pintu glColor3f(1.0f,1.0f,1.0f); kotak(5.2,5.8,0,5.5,6,-0.2); kotak(4.5,5.8,-0.2,5.6,6,-0.4); //alas gagang kotak(5.1,6.5,0,5.7,5,-0.05); glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f); kotak(5.35,5.2,-0.05,5.45,5.5,-0.06); glEnd(); glPopMatrix(); //saklar glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(1.1f,1.0f,1.0f); kotak(6.5,6.5,0.6,7.5,7.5,0.5); glColor3f(0.1f,0.0f,0.0f); kotak(6.65,6.7,0.65,6.92,7.3,0.6); kotak(7.08,6.7,0.65,7.35,7.3,0.6); glEnd(); glPopMatrix(); //lukisan atas kasur glPushMatrix(); glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[9]); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(1.0f,1.0f,1.0f); kotak(0.6,6.6,15.5,0.61,8.8,8.9); glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f); kotak(0.5,6.4,15.7,0.6,9,8.7); glEnd(); glPopMatrix(); //lemari kecil glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3ub(209, 129, 67); kotak(0.5,0.8,8.5,4,4.5,4.7); //kaki kiri kotak(0.5,0.5,8.5,4.3,4.9,8.3); //kaki kanan kotak(0.5,0.5,4.5,4.3,4.9,4.7); glEnd(); glPopMatrix(); //pegangan glPushMatrix(); glTranslatef(laci,0,0); glBegin(GL_QUADS); glColor3ub(209, 129, 67); kotak(4.2,2.1,6.9,4.3,2.3,6.2); kotak(4.2,3.9,6.9,4.3,4.1,6.2); glEnd(); glPopMatrix(); //lacinya glPushMatrix(); glTranslatef(laci,0,0); glBegin(GL_QUADS); glColor3f(0.3f,0.1f,0.1f); kotak(1.9,1.0,8.2,4.2,2.5,4.9); kotak(1.9,2.7,8.2,4.2,4.3,4.9); glEnd(); glPopMatrix(); //Rak Dinding glPushMatrix(); glBegin(GL_QUADS); glColor3ub(255, 8, 70); //bawah kotak(10,6,1.5,18,6.2,0.5); //atas kotak(10,7,1.5,18,7.2,0.5); glColor3ub(82, 8, 255); //kanan kotak(15.0,5.0,1.5,15.2,8.5,0.5); //kiri kotak(13,5.0,1.5,13.2,8.5,0.5); glEnd(); glPopMatrix(); glFlush(); glutSwapBuffers(); } void reshape (int w, int h) { glViewport(0, 0, w, h); glMatrixMode(GL_PROJECTION); glLoadIdentity(); gluPerspective(60.0, 1.0 * (GLfloat) w / (GLfloat) h, 1.0, 40.0); glMatrixMode(GL_MODELVIEW); glLoadIdentity(); glTranslatef(0.0, 0.0, 0.0); gluLookAt (0.0, 0.0, 5.0, 0.0, 0.0, 0.0, 0.0, 1.0, 0.0); } int main(int argc, char *argv[]) { glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode (GLUT_SINGLE | GLUT_RGB | GLUT_DEPTH); glutInitWindowSize (800, 600); glutInitWindowPosition (20, 75); glutCreateWindow ("Interior rumah q"); init (); glutDisplayFunc(display); glutReshapeFunc(reshape); glutKeyboardFunc(keyboard); glutMainLoop(); return 0; }




No comments:

Post a Comment

Tingkat keanekaragaman hayati tingkat gen

Tingkat keanekaragaman hayati tingkat gen -- Keanekaragaman hayati adalah sebuah istilah untuk menggambarkan keanekaragaman mahluk hidup di ...