kode warna dalam openGL Glut CodeBlock C++
gambar W3Schools.com |
pada prinsipnya openGL mempunyai prinsip pembuatan warna sama seperti RGB pada warna-warna yang disediakan oleh berbagai macam pemrograman. namun perbedaannya adalah :
* kode warna RGB pada pemrograman lain mempunyai nilai default (255,255,255).
* sedangkan openGL memiliki kode warna default (1,1,1)
jadi intinya kode warna pada openGL mempunyai rentang antara 0 sampai dengan 1.
berikut ini adalah sedikit kode warna yang saya kumpulkan dari beberapa percobaan.
1. Warna Merah = glColor3f (1.0,0.0,0.0)
2. Warna Hijau = glColor3f (0.0,1.0,0.0)
3. Warna
Biru = glColor3f(0.0,0.0,1.0)
4. Warna
Kuning = glColor3f(1.0,1.0,0.0)
5. Warna
Cyan = glColor3f(0.0,1.0,1.0)
Berikut ini adalah sedikit sourcode yang perlu sicoba. dan untuk mencobanya ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. buka codeBlock (syaratnya harus sudah diseting terlebih dahulu)
2. buka File kemudian new projek pilih yang gambar glut openGL
3. setelah masuk kedalam projek hapus semua kode bawaan glut codeblock
kemudian masukan kode yang ada dibawah ini kedalam projek kalian.
#include <math.h>
void display(void)
{
glClearColor (0.0,0.0,0.0,0.0);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(0.0,0.0,0.0); // <=========== // warnanya diganti disini ok
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2f(-0.5,-0.5);
glVertex2f(-0.5,0.5);
glVertex2f(0.5,0.5);
glVertex2f(0.5,-0.5);
glEnd ();
glFlush();
}
int main(int argc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("PERSEGI");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
DAFTAR Pustaka
- http://www.blogernas.com/2016/07/warna-primer-sekunder-tersier-netral.html
- https://word-desain.blogspot.co.id/2016/08/teori-warna-dan-konsep-warna-menurut.html
- http://task-campus.blogspot.co.id/2011/11/pembuatan-garis-persegi-segitiga-dan.html
No comments:
Post a Comment