Saturday 29 April 2017

Part1 OpenGL | Menggambar titik pada openGL

A. Titik Geometris Pada Open GL

didalam pemrograman openGL kita mengenal 10 kode primitif yang dapat kita gunakan untuk menggambar garis dan titik. diantara ke 10 tipedata primitif tersebut antara lain :
  1. Points (titik).   
  2. Lines (garis).
  3. Triangles (segitiga).
  4. Triangle Strip (segitiga jalur).
  5. Quad Strip (Quad jalur).
  6. Line Strip (garis jalur).
  7. Line Loop (garis looping).
  8. Quad (Quad).
  9. Polygon (poligon).
  10. Triangle Fan(segitiga fan)

untuk memahami satu persatu  dari 10 geometris diatas. maka saya akan membagi beberapa bagian untuk dibahas dalam artikelnya. karena kalau dibahas semua akan pusing dan sayapun pusing ngetiknya.

kali ini pada artikel pertama ini saya akan membahas dulu mengenai GL_POINTS.



B. GL_POINTS

      Pada dasarnya GL_POINTS digunakan untuk membuat sebuah titik dalam penggambaran. misalnya kita akan membuat sebuah segitiga. maka segitika mempunyai 3 titik utama yang kemudian akan disambungkan dengan garis.

Untuk mencoba tutorial ini, kamu harus mempersiapkan apa saja yang dibutuhkannya:
  1. sudah terinstal kodeblock. kemudian buka kodeblock dan pilih FILE kemudian new(projek) kemudian pilih Glut.
  2. Setelah memilih glut hapus kode bawaan codeblock
  3. Copy kode yang dibawah ini dan masukan ke projek kamu.
berikut ini adalah kode yang bisa kamu coba untuk mencoba program dari OPENGL:




Code Program

#include <gl/glut.h>


void Draw() {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);        // digunakan untuk merubah warna yaitu warna putih
glBegin(GL_POINTS);         // awal kode untuk menggambar
glVertex3f(0.2, 0.2, 0.0);       // posisi titik yang akan digambar
glVertex3f(0.8, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.8, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.8, 0.0);
glEnd();                               // akhir kode untuk menggambar
glFlush();                             // memastikan bahwa kode dieksekusi
}



void Initialize() {
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}



int main(int iArgc, char** cppArgv) {
glutInit(&iArgc, cppArgv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(200, 200);
glutCreateWindow("belajar GL_POINTS");
Initialize();
glutDisplayFunc(Draw);
glutMainLoop();
return 0;
}

sumber :
(https://zacknov.wordpress.com/2011/09/10/dasar-dasar-menggambar-dengan-opengl-dan-menggambar-titik/)




jika kode tersebut dijalankan maka hasilnya akan seperti ini :




untuk memulai menggambar titik diawali dengan GL_POINTS kemudian dilanjut dengan letak titik itu akan berada yang dipanggil dengan perintah glVertex(x,y,z) titik X titik Y dan titik Z.

glBegin(GL_POINTS);
glVertex3f(0.2, 0.2, 0.0);        // bottom left
glVertex3f(0.8, 0.2, 0.0);        // bottom right
glVertex3f(0.2, 0.5, 0.0);        // Left to 2 after the bottom left
glVertex3f(0.8, 0.5, 0.0);        // Right to 2 after the bottom left
glVertex3f(0.2, 0.8, 0.0);        // Left after the 2nd left
glVertex3f(0.8, 0.8, 0.0);        // Right after 2nd right
glEnd();


lihatlah gambar dibawah ini.

image dotted vertex
(https://zacknov.wordpress.com/2011/09/10/)


atau kalau dengan posisi angka vertex adalah sebagai berikut:

image dotted vertex
(https://zacknov.wordpress.com/2011/09/10/)
demikian tutorial pertama ini saya mulai. kemudian saya akan bahas titik-titik yang lainnya.




Daftar Pustaka

  1. https://zacknov.wordpress.com/2011/09/10/dasar-dasar-menggambar-dengan-opengl-dan-menggambar-titik/

1 comment:

Tingkat keanekaragaman hayati tingkat gen

Tingkat keanekaragaman hayati tingkat gen -- Keanekaragaman hayati adalah sebuah istilah untuk menggambarkan keanekaragaman mahluk hidup di ...