Saturday 17 June 2017

Projek OpenGL Membuat Rumah dengan Pembrograman C++ dan C



PENGUMUMAN

  " Projek ini Dibuat dengan Benar sudah berjalan secara semestinya. apabila ada ERROR di code silahkan pelajari dimana letak errornya. jangan hanya mau disuapi saja. mengcopi ini = harus mempelajari  sourcodenaya sendiri. 

Jangan Lupa Ucapkan Terimakasih di kolom komentar Jika Projeknya berhasil Dijalankan dan klik iklannya satu kali karena projek ini saya gratiskan. 

dan untuk Glut download sementara saya tutup, jika ingin mendownload silahkan komentar dibawah tujuan kalian belajar OPENGL beserta email kalian. nanti saya bagikan lewat email kalian yang ada dikolom komentar. (komentar tidak akan muncul jika belum disetujui dan belum dikirim openGLnya ke email kalian)"

Membuat Desain rumah 2D di openGL itu adalah hal yang sulit apalagi kalau kita tidak mengerti cara membuatnya. disini kita akan belajar membuat program openGL rumah dengan code block. lengkap dengan sourcodenya yang dapat di copas langsung ke dalam editornya. sekenario dari projek ini adalah membuat desai rumah lengkap dengan halaman dan jalannya. 

didalam projek ini tidak ada efek animasi, ataupun tombol keyboard untuk melakukan translasi. ini merupakan projek sederhana untuk membuat Gambar 2 dimensi sebuah rumah.

Jika anda penasaran dengan cara membuatnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Tutorial Pembuatan Projek.

untuk memulai projek ini ada langkah-langkah yang harus dilakukan dan harus sesuai perintahnya tidak boleh ada yang berbeda. kalau berbeda dijamin tidak bisa dijalankan. adapun langkah -langkah dalam membuatnya adalah sebagai berikut :
  1. download terlebih dahulu library openglnya disini : Download
  2. setting opengl di codeblock dengan openGl dapat dilihat disini : view
  3. buat projek baru dengan openGL caranya dapat dilihat disini : view
  4. copy semua sourcode yang tersedia di artikel ini
Adapun sourcode dari artikel ini adalah sebagai berikut :

  
#include<Windows.h> // for MS Windows #include<GL\glut.h> // GLUT, include glu.h and gl.h //Note: GLglut.h path depending on the system in use void init() { // Set display window color to as glClearColor(R,G,B,Alpha) glClearColor(0.5, 0.9, 0.4, 0.0); // Set projection parameters. glMatrixMode(GL_PROJECTION); // Set 2D Transformation as gluOrtho2D(Min Width, Max Width, Min Height, Max Height) gluOrtho2D(0.0, 800, 0.0, 600); } void home() { //Roof glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Clear display window // Set line segment color as glColor3f(R,G,B) glColor3f(0.3, 0.5, 0.8); glBegin(GL_POLYGON); glVertex2i(200, 500); glVertex2i(600, 500); glVertex2i(700, 350); glVertex2i(300, 350); glEnd(); // Top of Front Wall glColor3f(0.1, 0.5, 0.0); glBegin(GL_TRIANGLES); glVertex2i(200, 500); glVertex2i(100, 350); glVertex2i(300, 350); glEnd(); // Front Wall glColor3f(0.7, 0.2, 0.3); glBegin(GL_POLYGON); glVertex2i(100, 350); glVertex2i(300, 350); glVertex2i(300, 100); glVertex2i(100, 100); glEnd(); // Front Door glColor3f(0.7, 0.2, 0.9); glBegin(GL_POLYGON); glVertex2i(150, 250); glVertex2i(250, 250); glVertex2i(250, 100); glVertex2i(150, 100); glEnd(); // Front Door Lock glColor3f(0.3, 0.7, 0.9); glPointSize(15); glBegin(GL_POINTS); glVertex2i(170, 170); glEnd(); //side Wall glColor3f(0.1, 0.2, 0.3); glBegin(GL_POLYGON); glVertex2i(300, 350); glVertex2i(700, 350); glVertex2i(700, 100); glVertex2i(300, 100); glEnd(); // window one glColor3f(0.2, 0.4, 0.3); glBegin(GL_POLYGON); glVertex2i(330, 320); glVertex2i(450, 320); glVertex2i(450, 230); glVertex2i(330, 230); glEnd(); // line of window one glColor3f(0.1, 0.7, 0.5); glLineWidth(5); glBegin(GL_LINES); glVertex2i(390, 320); glVertex2i(390, 230); glVertex2i(330, 273); glVertex2i(450, 273); glEnd(); // window two glColor3f(0.2, 0.4, 0.3); glBegin(GL_POLYGON); glVertex2i(530, 320); glVertex2i(650, 320); glVertex2i(650, 230); glVertex2i(530, 230); glEnd(); // lines of window two glColor3f(0.1, 0.7, 0.5); glLineWidth(5); glBegin(GL_LINES); glVertex2i(590, 320); glVertex2i(590, 230); glVertex2i(530, 273); glVertex2i(650, 273); glEnd(); // Entrance Path glColor3f(0.3, 0.5, 0.7); glLineWidth(3); glBegin(GL_POLYGON); glVertex2i(150, 100); glVertex2i(250, 100); glVertex2i(210, 0); glVertex2i(40, 0); glEnd(); // Process all OpenGL routine s as quickly as possible glFlush(); } int main(int argc, char ** argv) { // Initialize GLUT glutInit(&argc, argv); // Set display mode glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); // Set top - left display window position. glutInitWindowPosition(100, 100); // Set display window width and height glutInitWindowSize(500, 500); // Create display window with the given title glutCreateWindow("2D House in OpenGL "); // Execute initialization procedure init(); // Send graphics to display window glutDisplayFunc(home); // Display everything and wait. glutMainLoop(); }


ketika program diatas dijalankan maka akan menghasilkan keluaran objek seperti dibawah ini. 


semoga bermanfaat bagi semua yang sedang belajar openGL ataupun yang mengerjakan tugas openGL. kode diatas tidak akan saya jelaskan secara detail karena diweb ini dibuat sebagai referensi contohnya saja. untuk penjelasannya silahkan analisa sendiri. 


JANGAN LUPA KOMEN DAN KLIK IKLANNYA SEKALI SEBAGAI UCAPAN TERIMAKASIHNYA.

  
    REFERENCE
  
    http://kuliah-dota.blogspot.co.id/2016/05/cara-setting-opengl-pada-bloodshed-dev-c.html



YANG SUDAH BERKOMENTAR  SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH.


Berikut ini adalah kumpulan Projek OpenGL menggunakan codeblock C++. jika anda ingin mencoba programnya silahkan klik menu2 yang ada dibawah

Setting CodeBlock 

Didalam materi ini anda akan belajar mensetting codeblock dengan openGL C++. dilengkapi dengan tempat untuk mendonload untuk komponen yang dibutuhkan didalam code block untuk membuat projeknya


Dalam materi anda akan belajar cara menjalankan codeblock , dari membuat projeknya sampai projek opengl bisa dijalankan




Projek 2D OpenGL


Didalam projek ini anda akan diajarkan cara membuat animasi game 2D dengan menggunakan OPENGL yaitu membuat game panah

Jika penasaran dengan projek ini silahkan klik button dibawah ini


Didalam projek ini anda akan belajar membuat sebuah pesawat dan nantinya pesawat tersebut menabrak sebuah gedung dan meledak. jika anda penasaran dengan projek openGL yang akan dibuat maka silahkan klik menu dibawah ini



Projek yang dibahas kali ini adalah membuat jembatan penyebrangan untuk kapal laut. jika anda penasaran silahkan klik menu dibawah ini




Dalam projek ini anda akan belajar membuat animasi openGL c++ berupa trafict light (lampu merah) nantinya akan banyak interaksi dengan menggunakan keyboard.
jika anda penasaran cara membuat projeknya silahkan klik menu dibawah ini



Projek ini anda akan belajar cara membuat kotak saling bertumpuk
jika anda penasaran silahkan klik button dibawah ini



Pada projek ini anda akan belajar cara menggambar pemandangan pantai dengan menggunakan openGL C++ dari mulai awal sampai selesai. jika anda penasaran dengan cara membuatnya maka silahkan klik tombol dibawah ini





Didalam Projek ini anda akan belajar Membuat projek 2D dengan openGL c++ yaitu membuat sebuah daun. jika anda penasaran cara membuatnya silahkan klik tombol dibawah ini


Dalam Projek ini anda akan membuat projek Jam 2D dengan menggunakan OpenGL c++. Jika anda penasaran cara membuatnya silahkan klik tombol dibawah ini


Didalam projek ini anda akan belajar membuat projek 2D Animasi Baling-baling dengan OpenGL c++. jika anda penasaran cara membuatnya silahkan klik tombol dibawah ini


Dalam projek ini anda akan belajar membuat animasi ikan didalam aquarium dengan menggunakan openGL C++. jika anda penasaran dengan pembuatannya silahkan klik tombol dibawah ini


Projek OpenGL Membuat Rumah dengan Pembrograman C++ dan C

Dalam proje ini anda akan belajar membuat sebuah rumah dengan menggunakan openGL C++. jika penasaran bagaimana cara membuat projek ini silahkan lihat dibawah ini


Dalam projek Ini anda akan belajar membuat kotak warna-warni 2D dengan menggunakan openGL C++ . jika penasaran bagaimana cara membuat projek ini silahkan klik tombol dibawah ini.





Terimaksih sudah berkunjung jangan lupa share ke teman-teman yang membutuhkan contoh projek OpenGL ini. 






4 comments:

  1. bang cara menghitung layarnya gimana dan rumus apa yang di pakai agar bisa bikin kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ukuran layar tampilan itu adanya di glutInitWindowSize(500, 500) artinya untuk ukuran wadah layar lebar 500px tinggi 500px di display (wadah object gambar),
      glutInitWindowPosition(100, 100) itu untuk mengukur batas atas dan kiri dari layar.
      untuk tampilan gambar harus mengerti basic dari gambar di openGL dari mulai titik sampai garis dasar pembuatannya. untuk rumusnya openGL membaca ukuran dari titik kanan ke kiri untuk ukurannya bisa kamu tentuin dari titik awal objek dibuat.

      Delete

Tingkat keanekaragaman hayati tingkat gen

Tingkat keanekaragaman hayati tingkat gen -- Keanekaragaman hayati adalah sebuah istilah untuk menggambarkan keanekaragaman mahluk hidup di ...