Monday 19 June 2017

Sample Projek OpenGL Boneka 3D dengan pemrograman C++ dan C

     


PENGUMUMAN

  " Projek ini Dibuat dengan Benar sudah berjalan secara semestinya. apabila ada ERROR di code silahkan pelajari dimana letak errornya. jangan hanya mau disuapi saja. mengcopi ini = harus mempelajari  sourcodenaya sendiri. 

Jangan Lupa Ucapkan Terimakasih di kolom komentar jika projeknya berhasil dijalankan. 

dan untuk Glut download sementara saya tutup, jika ingin mendownload silahkan komentar dibawah "tujuan kalian belajar OPENGL beserta email kalian". nanti saya bagikan lewat email kalian yang ada dikolom komentar. (komentar tidak akan muncul jika belum disetujui dan belum dikirim openGLnya ke email kalian)"


Tentang Projek

Pada Projek kali ini kita akan membuat Projek OpenGL C++ dan C yaitu membuat Boneka 3D. Sekenario projek kali ini yaitu membuat projek 3D dengan OpenGL berupa boneka salju. kemudian buat bonekanya berputar 360 derajat.

Pada Projek OpenGL ini saya sediakan sample projeknya yang dapat secara langsung di copy paste sourcodenya ke dalam editornya untuk dicoba hasilnya. karena pengalaman pahit penulis mencari contoh sample sourcode yang sangat sulit untuk menyelesaikan tugas projek OpenGl tidak pernah ada yang berjalan.

hasil dari projek kita adalah seperti gambar diatas yang membunyai sedikit fitur untuk memutar-mutar saja. adapun efek keyboard yang digunakan pada projek ini adalah sebagai berikut.
  1. Tombol keyboard X = memutar kepala.
  2. Tombol keyboard y  =memutr searah jarum jam 
  3. Tombol keyboard Z = memutar berlawanan arah jarum jam.
Jika anda Penasaran bagaimana cara membuat Projeknya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini secara benar dan berurutan.

Persiapan Projek 

Untuk memulai membuat projek open GL ini anda harus menseting beberapa komponen kedalam codeblock dan ketika sudah selesai menseting semuanya saatnya membuat projeknya. untul langkah-langkah persiapannya dapat melakukan beberapa langkah-langkah dibawah ini.

  1. Open GL download disini :View openGL
  2. CodeBlock setting dengan openGL caranya lihat disini: view
  3. buka codeblock dan buat projek baru caranya dapat dilihat disini : view
  4. copy semua sourcode yang tersedia di blog ini.
silahkan copy contoh program dibawah ini ke projek yang anda buat. adapun sourcode yang akan anda coba adalah sebagai berikut.

  

    #include "stdlib.h" #include "gl/glut.h" int w=500, h=500,z=0; int x1=0, y1=0, a=0, z1=0; void renderScene(void){ glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT); glLoadIdentity(); glTranslatef(0,0,-100); glRotatef(a,x1,y1,z1); glTranslatef(0,0,z); glPushMatrix(); glTranslatef(0,-5,0); glColor3f(1,1,1); glutWireSphere(4,200,50); glPopMatrix(); glPushMatrix();//badan atas glTranslatef(0,0,0); glColor3f(1,1,1); glutWireSphere(3,200,50); glPopMatrix(); glPushMatrix();//badan bawah glTranslatef(0,4,0); glColor3f(1,1,1); glutWireSphere(2,200,50); glPopMatrix(); glPushMatrix(); //hidung glTranslatef(0,4,0); glColor3f(1,0,0); glutWireCone(1,3,200,50); glPopMatrix(); glPushMatrix(); //mata kiri glTranslatef(1,4.5,2); glColor3f(0,0,0); glutWireSphere(0.1,200,50); glPopMatrix(); glPushMatrix();//mata kanan glTranslatef(-1,4.5,2); glColor3f(0,0,0); glutWireSphere(0.1,200,50); glPopMatrix(); glPushMatrix(); glTranslatef(0,5,0);//topi glRotatef(-90,1,0,0); glColor3f(0,0,1); glutWireCone(2,4,200,50); glPopMatrix(); glutSwapBuffers(); } void resize(int w1,int h1){ glViewport(0,0,w1,h1); glMatrixMode(GL_PROJECTION); glLoadIdentity(); gluPerspective(45.0,(float) w1/(float) h1, 1.0,300.0); glMatrixMode(GL_MODELVIEW); glLoadIdentity(); } void myKeyboard(unsigned char key, int x, int y){ if (key == 'x') { x1=1;y1=0;z1=0; a+=10; } else if (key == 'y') { y1=1;x1=0;z1=0;a+=-10; } else if (key == 'z') { y1=0;x1=0;z1=1;a+=-10; } } void mySpecialKeyboard(int key, int x, int y){ switch(key){ case GLUT_KEY_UP: z+=5;break; case GLUT_KEY_DOWN:z-=5; break; } } void init(){ glClearColor(0,0,0,1); glEnable(GL_DEPTH_TEST); glMatrixMode(GL_PROJECTION); glLoadIdentity(); gluPerspective(45.0,(GLdouble) w/(GLdouble) h, 1.0,300.0); glMatrixMode(GL_MODELVIEW); } void timer(int value){ glutPostRedisplay(); glutTimerFunc(50,timer,0); } int main(int argc,char **argv) { glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_DEPTH | GLUT_RGBA); glutInitWindowPosition(100,100); glutInitWindowSize(w,h); glutCreateWindow("kampret32"); gluOrtho2D(-w/2,w/2,-h/2,h/2); glutDisplayFunc(renderScene); glutReshapeFunc(resize); glutKeyboardFunc(myKeyboard); glutSpecialFunc(mySpecialKeyboard); glutTimerFunc(1,timer,0); init(); glutMainLoop(); }




kemudian compile dengan meneken tombol f9 ... dan ini dia hasilnya...
taraaa.....



semoga bermanfaat untuk menyelesaikan tugasnya yang rumit ini ya.

JANGAN LUPA KOMEN JIKA PROJEKNYA BERHASIL. UCAPKAN TERIMAKASIH SEBAGAI PENYEMANGAT PENULIS MENULISKAN PROJEK2 SELANJUTNYA

DAFTAR PUSTAKA

  1. http://riasuciati.blogspot.co.id/2013/04/program-membuat-boneka-salju-dengan.html



Contoh Projek 3D lainnya.


Baca Juga Projek OpenGL dengan C++ Lainnya  dibawah ini :

 Contoh Projek 2D openGL

Baca juga Animasi 2D untuk projek openGL lainnya dibawah ini

Dasar OpenGL

Baca juga Dasar Dari OpenGL dibawah ini jika kalian ingin menekuninya.


2 comments:

  1. Replies
    1. fungsi untuk membuat tempat menggambar objek. sama seperti fungsi-fungsi yang lainnya.

      Delete

Tingkat keanekaragaman hayati tingkat gen

Tingkat keanekaragaman hayati tingkat gen -- Keanekaragaman hayati adalah sebuah istilah untuk menggambarkan keanekaragaman mahluk hidup di ...