Projek interior kamar dengan openGL ini banyak sekali fitur yang ada didalamnya diantaranya adalah tembok, ranjang, lemari, kursi , laptop dan mejad.. projek ini bagus untuk pembelajaran mengenai pemrograman openGL yang ada dikampus-kampus. untuk melihat hasil projeknya anda dapat melihatnya pada video berikut ini.
Namun untuk mencoba projek diatas anda harus mempunyai beberapa hal berikut ini untuk di setting dikomputer anda. diantaranya yaitu :
Features
didalam projek ini akan ada beberapa desain diantaranya adalah:
Demikian Projek yang dapat Saya Share buat yang membutuhkan untuk bahan pembelajaran dan menyelesaikan tugas kuliah. semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-bainya. terimakasih sudah berkunjung dan nyasar dimari.
Baca Juga Projek OpenGL dengan C++ Lainnya dibawah ini :Namun untuk mencoba projek diatas anda harus mempunyai beberapa hal berikut ini untuk di setting dikomputer anda. diantaranya yaitu :
- Open GL download disini : View openGL
- CodeBlock setting dengan openGL caranya lihat disini: view
- buka codeblock dan buat projek baru caranya dapat dilihat disini : view
- copy semua sourcode yang tersedia di blog ini.
silahkan copy contoh program dibawah ini ke projek yang anda buat. adapun sourcode yang akan anda coba adalah sebagai berikut.
Code Program
#include <cstdlib>
#include <iostream>
#include <windows.h>
#include <stdio.h>
#include <GL/gl.h>
#include <GL/glu.h>
#include <GL/glut.h>
#include <math.h>
//memberikan fileheader yang dibutuhkan
GLuint texture[35];
GLint slices = 35;
GLint stacks = 35;
using namespace std;
static float ypos = 0, zpos = 0, xpos = 0,a = -9, b = -5,c =-30, kulkas1=0, kulkas2=0, jKiri=0, jKanan=0, lKanan=0, lKiri=0, oven=0, pintu=0;
int z=0;
struct Image {
unsigned long sizeX;
unsigned long sizeY;
char *data;
};
typedef struct Image Image; //struktur data untuk
//ukuran image #bisa di set sesuai kebutuhan
#define checkImageWidth 164
#define checkImageHeight 164
GLubyte checkImage[checkImageWidth][checkImageHeight][3];
//mengambil gambar BMP
int ImageLoad(char *filename, Image *image) {
FILE *file;
unsigned long size; // ukuran image dalam bytes
unsigned long i; // standard counter.
unsigned short int plane; // number of planes in image
unsigned short int bpp; // jumlah bits per pixel
char temp; // temporary color storage for var warna sementara untuk memastikan filenya ada
if ((file = fopen(filename, "rb")) == NULL) {
printf("File Not Found : %s\n", filename);
return 0;
}
// mencari file header bmp
fseek(file, 18, SEEK_CUR);
// read the width
if ((i = fread(&image->sizeX, 4, 1, file)) != 1) {
printf("Error reading width from %s.\n", filename);
return 0;
}
//printf("Width of %s: %lu\n", filename, image->sizeX);
// membaca nilai height
if ((i = fread(&image->sizeY, 4, 1, file)) != 1) {
printf("Error reading height from %s.\n", filename);
return 0;
}
//printf("Height of %s: %lu\n", filename, image->sizeY);
//menghitung ukuran image(asumsi 24 bits or 3 bytes per pixel).
size = image->sizeX * image->sizeY * 3;
// read the planes
if ((fread(&plane, 2, 1, file)) != 1) {
printf("Error reading planes from %s.\n", filename);
return 0;
}
if (plane != 1) {
printf("Planes from %s is not 1: %u\n", filename, plane);
return 0;
}
// read the bitsperpixel
if ((i = fread(&bpp, 2, 1, file)) != 1) {
printf("Error reading bpp from %s.\n", filename);
return 0;
}
if (bpp != 24) {
printf("Bpp from %s is not 24: %u\n", filename, bpp);
return 0;
}
// seek past the rest of the bitmap header.
fseek(file, 24, SEEK_CUR);
// read the data.
image->data = (char *) malloc(size);
if (image->data == NULL) {
printf("Error allocating memory for color-corrected image data");
return 0;
}
if ((i = fread(image->data, size, 1, file)) != 1) {
printf("Error reading image data from %s.\n", filename);
return 0;
}
for (i = 0; i < size; i += 3) { // membalikan semuan nilai warna (gbr - > rgb)
temp = image->data[i];
image->data[i] = image->data[i + 2];
image->data[i + 2] = temp;
}
// we're done.
return 1;
}
//mengambil tekstur
void init(void)
{
glClearColor(0.5, 0.5, 0.5, 0.0);
glEnable(GL_DEPTH_TEST);
glDepthFunc(GL_LESS);
// Generate texture/ membuat texture background
}
//fungsi kotak kosong, belum diisi koordinat. diisi di display()
void kotak(float x1,float y1,float z1,float x2,float y2,float z2)
{
//depan
glTexCoord2f(0.0, 0.0);
glVertex3f(x1,y1,z1);
glTexCoord2f(0.0, 1.0);
glVertex3f(x2,y1,z1);
glTexCoord2f(1.0, 1.0);
glVertex3f(x2,y2,z1);
glTexCoord2f(1.0, 0.0);
glVertex3f(x1,y2,z1);
//atas
glTexCoord2f(0.0, 0.0);
glVertex3f(x1,y2,z1);
glTexCoord2f(0.0, 1.0);
glVertex3f(x2,y2,z1);
glTexCoord2f(1.0, 1.0);
glVertex3f(x2,y2,z2);
glTexCoord2f(1.0, 0.0);
glVertex3f(x1,y2,z2);
//belakang
glTexCoord2f(0.0, 0.0);
glVertex3f(x1,y2,z2);
glTexCoord2f(0.0, 1.0);
glVertex3f(x2,y2,z2);
glTexCoord2f(1.0, 1.0);
glVertex3f(x2,y1,z2);
glTexCoord2f(1.0, 0.0);
glVertex3f(x1,y1,z2);
//bawah
glTexCoord2f(0.0, 0.0);
glVertex3f(x1,y1,z2);
glTexCoord2f(1.0, 0.0);
glVertex3f(x2,y1,z2);
glTexCoord2f(1.0, 1.0);
glVertex3f(x2,y1,z1);
glTexCoord2f(0.0, 1.0);
glVertex3f(x1,y1,z1);
//samping kiri
glTexCoord2f(0.0, 0.0);
glVertex3f(x1,y1,z1);
glTexCoord2f(1.0, 0.0);
glVertex3f(x1,y2,z1);
glTexCoord2f(1.0, 1.0);
glVertex3f(x1,y2,z2);
glTexCoord2f(0.0, 1.0);
glVertex3f(x1,y1,z2);
//samping kanan
glTexCoord2f(0.0, 0.0);
glVertex3f(x2,y1,z1);
glTexCoord2f(1.0, 0.0);
glVertex3f(x2,y2,z1);
glTexCoord2f(1.0, 1.0);
glVertex3f(x2,y2,z2);
glTexCoord2f(0.0, 1.0);
glVertex3f(x2,y1,z2);
}
void keyboard(unsigned char key, int x, int y)
{
switch (key)
{
//putar arah jarum jam (menambah derajat putaran)
case 'z':
ypos=ypos+5;
if (ypos>360) ypos=0;
glutPostRedisplay();
break;
//putar berlawanan arah jarum jam (mengurangi derajat putaran)
case 'x':
ypos=ypos-5;
if (ypos>360) ypos=0;
glutPostRedisplay();
break;
//vertikal bawah (menambah koordinat y)
case 's':
b = b + 1;
glutPostRedisplay();
break;
//vertikal atas (mengurangi koordinat y)
case 'w':
b = b - 1;
glutPostRedisplay();
break;
//horisontal kiri (mengurangi koordinat x)
case 'a':
a = a + 1;
glutPostRedisplay();
break;
//horisontal kanan (menambah koordinat x)
case 'd':
a = a - 1;
glutPostRedisplay();
break;
//memperbesar objek (menambah koordinat z)
case 'q':
c = c + 1;
glutPostRedisplay();
break;
//memperkecil abjek(mengurangi koordinat z)
case 'e':
c = c - 1;
glutPostRedisplay();
break;
//buka pintu kulkas atas
case 'n':
kulkas1=kulkas1-5;
if (kulkas1<-100) kulkas1=-100;
glutPostRedisplay();
break;
//tutup pintu kulkas atas
case 'm':
kulkas1=kulkas1+5;
if (kulkas1>0) kulkas1=0;
glutPostRedisplay();
break;
//buka pintu kulkas bawah
case 'k':
kulkas2=kulkas2-5;
if (kulkas2<-100) kulkas2=-100;
glutPostRedisplay();
break;
//tutup pintu kulkas bawah
case 'l':
kulkas2=kulkas2+5;
if (kulkas2>0) kulkas2=0;
glutPostRedisplay();
break;
//buka jendela kiri
case '1':
jKiri=jKiri+5;
if (jKiri<-0) jKiri=-1;
glutPostRedisplay();
break;
//tutup jendela kiri
case '2':
jKiri=jKiri-5;
if (jKiri<-0) jKiri=-0;
glutPostRedisplay();
break;
//buka jendela kanan
case '3':
jKanan=jKanan+5;
if (jKanan<-0) jKanan=-1;
glutPostRedisplay();
break;
//tutup jendela kanan
case '4':
jKanan=jKanan-5;
if (jKanan<-0) jKanan=-0;
glutPostRedisplay();
break;
//buka oven
case '9':
oven=oven+5;
if (oven<-0) oven=-1;
glutPostRedisplay();
break;
//tutup oven
case '0':
oven=oven-5;
if (oven<-0) oven=-0;
glutPostRedisplay();
break;
//buka pintu lemari kiri
case 'u':
lKiri=lKiri-5;
if (lKiri<-100) lKiri=-100;
glutPostRedisplay();
break;
//tutup pintu lemari kiri
case 'i':
lKiri=lKiri+5;
if (lKiri>0) lKiri=0;
glutPostRedisplay();
break;
//buka pintu lemari kanan
case 'o':
lKanan=lKanan+5;
if (lKanan<-100) lKanan=-100;
glutPostRedisplay();
break;
//tutup pintu lemari kanan
case 'p':
lKanan=lKanan-5;
if (lKanan<0) lKanan=0;
glutPostRedisplay();
break;
//buka pintu
case 't':
pintu=pintu-5;
if (pintu>100) pintu=100;
glutPostRedisplay();
break;
//tutup pintu
case 'y':
pintu=pintu+5;
if (pintu>0) pintu=0;
glutPostRedisplay();
break;
//putar arah jarum jam (menambah derajat putaran)
case '[':
xpos=xpos+5;
if (xpos>360) xpos=0;
glutPostRedisplay();
break;
//putar berlawanan arah jarum jam (mengurangi derajat putaran)
case ']':
xpos=xpos-5;
if (xpos>360) xpos=0;
glutPostRedisplay();
}
}
void display()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
glLoadIdentity ();
glEnable(GL_DEPTH_TEST);
//perpindahan
glTranslatef(a,b,c);
//putaran
glRotatef(xpos,1,0,0);
glRotatef(ypos,0,1,0);
glRotatef(zpos,0,0,1);
//lantai
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[1]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.3f,0.3f,0.3f);
kotak(0,0,18,25,0.5,0);
glEnd();
glPopMatrix();
//dinding kiri
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[2]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
kotak(0,0.5,18,0.5,10,0);
glEnd();
glPopMatrix();
//dinding belakang
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[2]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
kotak(0.5,0.5,0.5,25,10,0.0);
glEnd();
glPopMatrix();
//meja
//atas
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[2]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.2f,0.1f,0.1f);
kotak(21,3.5,16,24.8,3.8,9.5);
//kaki kanan belakang
kotak(24.3,0.5,15.9,24.6,3.6,15.6);
//kaki kiri belakang
kotak(24.3,0.5,9.9,24.6,3.6,9.6);
//kaki kiri depan
kotak(21.1,0.5,9.9,21.4,3.6,9.6);
//kaki kanan depan
kotak(21.1,0.5,15.9,21.4,3.6,15.6);
glEnd();
glPopMatrix();
//pc
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[2]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f);
//Monitor lcd
kotak(23.3,3.8,15.0,23.4,5.3,13.0);
//keyboard
kotak(23.3,3.8,15.0,22,4,13.0);
glEnd();
glPopMatrix();
//layar lcd
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[8]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(1.1f,1.0f,1.0f);
kotak(23.29,4.05,15.0,23.30,5.2,13.1);
glEnd();
glPopMatrix();
//kursi
//alas
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[3]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.2f,0.1f,0.1f);
kotak(18,2.2,15.5,20.8,2.5,12.8);
//kiri depan
kotak(20.5,0.5,15.5,20.8,2.5,15.2);
//kanan depan
kotak(20.5,0.5,13.1,20.8,2.5,12.8);
//kanan belakang
kotak(18,0.5,13.1,18.3,5.2,12.8);
//kiri belakang
kotak(18,0.5,15.5,18.3,5.2,15.2);
//senderan
kotak(18,3.8,15.5,18.2,4.9,12.8);
glEnd();
glPopMatrix();
//kasur
//rangka alas
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[2]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.6f,0.1f,0.1f);
kotak(1.1,1.4,15.5,13.4,3,8.7);
//kaki 1
kotak(0.5,0.5,15.6,1.2,6,14.9);
//kaki 2
kotak(0.5,0.5,9.4,1.1,6,8.7);
//kaki 3
kotak(12.9,0.5,9.4,13.6,5,8.7);
//kaki 4
kotak(12.9,0.5,15.6,13.6,5,14.9);
//penyangga depan
kotak(0.6,3,15.4,1,5.1,8.9);
//penyangga belakang
kotak(12.9,1.4,15.4,13.6,4.5,8.9);
glEnd();
glPopMatrix();
//kasurnya
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[1]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(1.1f,1.1f,1.1f);
kotak(1.1,2.5,15.4,13.4,3.5,9);
//bantal
glColor3f(0.6f,0.6f,0.6f);
kotak(1.3,3.5,14.4,4,4,10);
//selimut
glColor3f(0.1f,1.1f,0.1f);
kotak(5,3.5,15.4,13.4,3.7,9);
//kanan
kotak(5,3,9,13.4,3.6,8.9);
//kiri
kotak(5,3,15.5,13.4,3.6,15.4);
glEnd();
glPopMatrix();
//lemari pakaian
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[2]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(1.0f,0.0f,0.0f);
kotak(2,0.6,3.5,9.8,8.5,0.5);
//kanan
kotak(9.8,0.5,3.7,10,8.7,0.5);
//kiri
kotak(1.8,0.5,3.7,2,8.7,0.5);
//gagang pintu kiri
glColor3f(1.1f,1.0f,1.0f);
kotak(7.3,4.5,3.9,7.5,5.7,3.7);
//gagang pintu kanan
kotak(4.3,4.5,3.9,4.5,5.7,3.7);
glEnd();
glPopMatrix();
glPushMatrix();
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture[3]);
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.2f,0.1f,0.1f);
//pintu kiri
kotak(6.2,0.9,3.7,9.7,8.3,3.5);
//pintu kanan
kotak(2.1,0.9,3.7,5.6,8.3,3.5);
glEnd();
glPopMatrix();
glFlush();
glutSwapBuffers();
}
void reshape (int w, int h)
{
glViewport(0, 0, w, h);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
gluPerspective(60.0, 1.0 * (GLfloat) w / (GLfloat) h, 1.0, 40.0);
glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
glLoadIdentity();
glTranslatef(0.0, 0.0, 0.0);
gluLookAt (0.0, 0.0, 5.0, 0.0, 0.0, 0.0, 0.0, 1.0, 0.0);
}
int main(int argc, char *argv[])
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_SINGLE | GLUT_RGB | GLUT_DEPTH);
glutInitWindowSize (1024, 600);
glutInitWindowPosition (20, 75);
glutCreateWindow ("kamar tidur");
init ();
glutDisplayFunc(display);
glutReshapeFunc(reshape);
glutKeyboardFunc(keyboard);
glutMainLoop();
return 0;
}
Features
didalam projek ini akan ada beberapa desain diantaranya adalah:
- tembok
- lemari
- meja
- kursi
- ranjang
- laptop
Adapun hasil screen shoot animasi ini dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :
Demikian Projek yang dapat Saya Share buat yang membutuhkan untuk bahan pembelajaran dan menyelesaikan tugas kuliah. semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-bainya. terimakasih sudah berkunjung dan nyasar dimari.
Daftar Pustaka
http://baguswijayana.blogspot.com/2016/10/pembuatan-3d-objek-menggunakan-opengl_20.html
Contoh Projek 3D lainnya.
projek OpenGL 3D
- Membuat projek Parkiran Mobil
- Membuat Game Animasi Rumah
- Membuat Projek Kotak Berputar
- Membuat projek Pensil
- Membuat projek Hujan
- Membuat Animasi Teko
- Membuat Animasi Mobil
- Lampion Merah
- Membuat Animasi Robot
- Membuat Animasi Perahu Layar
- Membuat projek Bola Memantul
- Membuat Projek Sepeda
- Membuat Projek planet bumi berotasi
- Membuat Projek Tatasurya
- Membuat Projek Pohon
- Membuat Boneka Sawah
- Membuat Projek Anak Anjing berjalan
- Membuat Projek Boneka Dambo
- Membuat Projek Boneka
- Membuat Projek Mobil
- Membuat Projek Kipas Angin
- Membuat projek RUmah
- membuat Projek Sendok
- membuat Projek Animasi Game Pesawat
No comments:
Post a Comment